Bingung cari kerja ?

pembahasan kali ini mengingatkan saya sewaktu tamat kuliah, memang sih ada rasa bangga namun yang lebih nyata adalah rasa ragu untuk mendapatkan karir. malah yang semakin meresahkan adalah ketika ada pertanyaan "Kerja dimana Sekarang?" weleh weleh,,malu saya om klo jawab belum dapet kerja, dan belum sanggup ane dengar "percumalah sekolah tinggi-tinggi",, hehehehe...

nah untuk menghindari kejadian seperti itu ada baiknya membaca tips berikut untuk membantu dan mudah-mudahan membantu meringankan rekan2 sekalian.
1. Silaturahmilah ke keluarga Besar anda.
untuk yang pertama ini penting dan gampang di terapkan, karena setiap kita punya keluarga, Jika sampai saat ini anda biasanya malas menghadiri acara keluarga atau arisan keluarga, sekarang rajin-rajinlah datang. Siapa tahu di perusahaan tempat sepupu atau saudara lain bekerja ada lowongan sedang dibuka namun tidak diumumkan kepada publik. karena biasanya perusahaan tertentu lebih memilih karyawan baru dari kalangan kerabat dekat karyawan lama agar perusahaan mempercayakan pekerjaan di perusahaan karena di bandu oleh kerabatnya. Coba deh gk ada salahnya kok, kalaupun blom dapet setidaknya mereka tau kita siap untuk bekerja.


2. Bergabunglah dengan Komunitas.
dengan bergabung di kumunitas yang saat ini anda geluti juga sangat berpengaruh karena anda bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan, sama seperti di arisan keluarga, namun ini dari kalangan di luar keluarga anda. Dari sini anda bisa menciptakan jaringan kerja dan mendapatkan informasi bermanfaat untuk anda.

3.Temui Kakak Kelas atau Alumni yang Berlatar Belakang Pendidikan Sama.
cara ini juga cukup efektif karena memiliki latar belakang yang sama secara otomatis peluang juga pasti ada. Siapa tahu dari sekedar reuni dan bincang-bincang anda bisa mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu.

4. Jangan malu bertanya.
malu bertanya gak jalan-jalan. paham?, maksudnya di sini yaitu apabila kamu mendengar lowongan yang sedang dibuka pada perusahaan tempat seorang teman bekerja, jangan malu untuk bertanya, jangan merasa rendah dan ragu meminta bantuannya untuk dipertemukan dengan pihak perusahaan tersebut untuk membuka jaringan kerja, karena keberhasilan sesorang itu sesuai dengan kerja kerasnya seseorang.


5. Koran atau Surat Kabar. 
Cobalah untuk berlangganan surat kabar dan supaya lebih menghemat pengeluaran berlanggananlah surat kabar khusus hari sabtu dan minggu karena pada kedua hari tersebut banyak memuat iklan lowongan kerja dibandingkan hari-hari biasa.

6. Browsing Internet.
anda bisa browsing di internet mengenai lowongan dan informasi bisnis apapun di internet, seperti yang saat ini anda lakukan adalah benar,dan mulailah bergabung dengan situs-situs lowongan pekerjaan.

7. Kumpulkan portofolio dan berkas-berkas yang mendukung.
contohnya seperti saya yang bekerja di bidang design dan animasi, biasanya perusahaan membutuhkan sebuah contoh karya yang pernah kita kerjakan, hal ini membantu pihak perusahaan menilai layak atau tidak kita bekerja di perusahaan tersebut, namun tidak semua perusahaan membutuhkan ini, karena ini sifatnya hanya mendukung saja.

8. Manfaatkan Social Media.
Pastinya kamu punya akun Facebook kan? Nah kamu bisa update status sedang mencari pekerjaan supaya teman, saudara dan keluarga kamu yang lain bisa tahu kalau saat ini kamu butuh pekerjaan.

Nah, itu tadi tips dari saya, semoga bermanfaat buat rekan-rekan sekalian, namun yang perlu di ingat disini adalah " seberapa serius dan cerdas anda mengambil tindakan, karena bila anda tidak berani memulai anda tidak akan mncapai " semoga bermanfaaat.

Raffi_minor

Tidak ada komentar:

Tinggalkan komentar bila isi blog ini bermanfaat

Diberdayakan oleh Blogger.